“Diceritakan dari sahabat Tsauban Radhiyallahu`anhu ia berkata : Barang siapa yang di pagi dan sore mengucapkan kalimat “Radhitu Billahi Rabba, Wa Bil islami Dina, Wabi muhammadiin Nabiya Rasulillah….”Yang artinya : Aku Ridho Allah Subhanahu wata’ala sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam sebagai nabi dan rasulku 3x. Maka wajib bagi Allah Subhanahu wata’ala untuk meridhoinya”. (HR.At-Turmudzi,Abu daud,dan An-Nasa’i)
Kalimat doa ini sebenarnya bukanlah hanya sekedar ungkapan semata, namun lebih pada sebuah IKRAR yang diucapkan seorang hamba tuk dapat meraih Ridho Allah. Dalam menggapai ridho Allah seorang hamba haruslah menaiki semua anak tangga terlebih dahulu yaitu ridho kepada Allah Subhanahu wata’ala, ridho kepada Islam, dan ridho kepada Nabi. Ketika semua telah dilalui maka InsyaAllah ridho Allah pun akan diraih.

Menurut ahli hadits, Ridho menyeluruh yang diikrarkan seorang muslim/ah harus terbukti nyata dengan berdiri tegak di atas 6 prisnsip :
1. Makrifatullah (Mengenal Allah Subhanahu wata’ala)
“ Maka ketahuilah bahwa sesungguhnya tiada Tuhan selain Allah… (Qs.Muhammad:19)
“Diceritakan dari sahabat Utsman bin Affan Radhiyallahu`anhu, dia berkata: Rasulullah bersabda: “Barangsiapa mati sedang dia mempercayai bahwa tiada Tuhan selain Allah maka dia masuk Surga” (HR.Muslim)
2. Taslimullah (Pasrah kepada-Nya)
“Dan barang siapa yang menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang dia orang yang berbuat kebaikan..” (Qs.Lukman:22)
“Diceritakan dari sahabat Abdillah bin A’mr bin Al-Ash Radhiyallahu`anhu, ia berkata: Sesungguhnya ada seseorang bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam :bagaimana Muslim terbaik itu?, beliau menjawab: “Orang yang orang-orang muslim (lain) selamat dari lisan dan tangannya”. (HR.Muslim dan Bukhori 20)
3. Kaffatul Islam (Islam paripurna)
Kesempurnaan islam baik dari sisi sosial, sisi spiritual, dll
4. Al-Ittiba’ (Mencontoh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam)
5. Al-Istima’ (Patuh dan tunduk)
6. Mahabbatur Rasul (Cinta Rasul)
Prinsip-prinsip dasar inilah yang akan mengantarkan kita menuju keRidho-an Allah Subhanahu wata’ala.
Maka, tak ada lagi kata malas untuk membaca doa ini pagi dan sore, kemudian juga diperhatikan apakah kita sudah menaiki anak-anak tangga yang dilandaskan dari 6 prinsip yang tadi sudah kita bahas.

Mari teruslah semangat tuk meraih ridho Allah !!! Aamiin… 🙂

Wallahu a’lam bishshowabi